CARA BETERNAK AYAM - Pakan adalah materi utama dalam setiap usaha budidaya ternak ayam, tak terkecuali ayam kampong. Bahkan persentase jumlah biaya produksi di atas 50% mengarah pada pemberian pakan. Meskipun hingga saat ini belum ada peternak ayam yang membudidaya ayam kampong secara missal, lantaran konversi kebutuhan pakan sangat besar. Akan tetapi untuk skala kecil – menengah prospeknya cukup bagus mengingat harga daging ayam kampong selalu istimewa dari yang lain.

Dan sekali lagi melalui ayam plus ini saya sarankan, jangan memelihara ayam kampong dengan memberi pakan buatan pabrik secara total baik untuk ayam pedaging maupun petelur. Biarkan ayam mencari sendiri sebagian makanan di alam. Selain itu anda juga bisa membuat sendiri Alternatif pakan alami untuk ayam kampung. Karena bagaimanapun juga pemeliharaan ayam akan lebih efisien jika dikandangkan dan pemberian pakan terkontrol.
Alternatif pakan alami untuk ayam kampung
Lantas bagaimana cara membuat pakan alternatif tersebut? Caranya sangat sederhana dan bahannya pun berlimpah bila anda bukan warga perkotaan. Sebagai permulaan, kita akan buat 10 kg pakan ayam, selanjutnya anda bisa kalkulasikan sendiri komposisinya. Berikut ini cara membuat alternatif pakan alami untuk ayam kampung selengkapya :

Bahan baku pakan alami ayam kampung

Tumbuhan Talas sebanyak 5 kg
Pohon talas dapat tumbuh diberbagai tempat, jadi saya rasa bahan ini pasti mudah ditemukan didaerah anda karena hampir disetiap daerah pasti terdapat bahan yang satu ini.Tumbuhan talas ini dapat dipergunakan umbinya saja, daun dan tangkainya saja atau bisa juga kombinasi semuanya, semua cocok untuk ayam.

Beras paling murah (2,5 kg)
Nilai gizi pada setiap beras nyaris sama, namun rasanya mungkin sedikit berbeda pada lidah manusia. Sementara ayam tidak akan terlalu peduli untuk rasa, dan lagi pula ini adalah bisnis maka selayaknya pertimbangkan prinsip ekonomi.

Dedak bekatul (2,5 kg)
Pilihlah dedak bekatul yang tidak terlalu halus atau kasar.

Tepung tulang (5 – 7 sendok makan)
Tulang tepung biasanya terbuat dari cangkang keong ini sifatnya optional (tidak wajib) dicampurkan, namun saya sarnkan anda menambah tepung tulang tersebut agar ayam mendapatkan nutrisi lebih lengkap.

Cara membuat pakan alami ayam kampung

Butuh proses lebih lanjut nansederhana agar pakan dapat dikonsumsi, yaitu :

Cincang talas baik umbi atau daunnya sampai kecil atau kurang lebihnya berukuran 1 cm;
Kemudian semua bahan dicampur, dan tambahkan air secukupnya lalu rebus sampai matang hingga hancur menyatu. Sekarang angkat lalu dinginkan, dan pakan siap dikonsumsi oleh ayam kampung. Perhatikan kadar airnya jangan terlalu berkuah, jadi agak basah saja sehingga mudah dimakan ayam.

Semakin besar porsi/persentase pakan alami yang diberikan, akan semakin menguntungkan bagi peternak ayam kampong. Anda hanya perlu sedikit bersabar karena pertumbuhan ayam kampong relatif lebih lama dari ayam ras.

Sampai disini selesailah postingan mengenai Alternatif Pakan Alamai untuk Ayam Kampung, semoga bermanfaat.

Sumber : CARA BETERNAK AYAM
Axact

BAJA RINGAN

Sebuah sistem rangka atap baja ringan berteknologi tinggi hasil pengembangan teknologi industri konstruksi yang tak berkesudahan dengan jaminan kekuatan dan kelayakan struktur yang sesuai dengan standar-standar keamanan konstruksi yang ada.

Post A Comment:

0 comments: